Titin Nurbaya Saranani

Titin Nurbaya Saranani ( Anggota )
Titin Nurbaya Saranani ( Anggota )

Keluarga Sumber Kekuatan

Titin Nurbaya Saranani

Komitmen Titin Nurbaya Saranani di DPRD Konawe Kepulauan, tak perlu diragukan. Titin senantiasa konsisten meneguhkan politik perempuan parlemen, dalam memperjuangkan isu perempuan dan anak.

Bagi Titin, seluruh wilayah Konawe Kepulauan adalah wilayah kerjanya. Ketika reses, semua kebutuhan masyarakat di setiap kecamatan ia perhatikan dan perjuangkan tanpa pilih kasih. Ia menyadari, pemilihnya adalah sebaran masyarakat di seluruh Pulau Wawonii, saat Pemilu 2014.

Meski dirinya bukan asli daerah Konawe Kepulauan, namun Titin berusaha memegang amanah yang dipercayakan kepadanya, dengan memperjuangkan aspirasi kaum perempuan. Aspirasi yang disampaikan kepada Titin, kebanyakan soal pendidikan dan kesehatan.

Saat menempati Komisi III, Januari 2015 hingga Juni 2017, ia memprioritaskan bidang pendidikan PAUD dengan cara mengusulkan lembaga PAUD di setiap desa. Juga memperhatikan kualitas kesehatan para ibu, serta mendorong berbagai permintaan masyarakat mulai dari Wawonii Barat, Wawonii Timur, Wawonii Tengah dan Wawonii Selatan.

Perempuan kelahiran Amonggedo, 7 Desember 1971 ini, merupakan salah satu dari dua orang srikandi di DPRD, daerah pemekaran Konawe itu. Titin menjadi anggota DPRD Konawe Kepulauan periode 2014-2019 melalui PAN, setelah berhasil memperoleh 427 suara.

Menyandang status istri Bupati Konawe, Kery Saiful Konggoasa, tak membuatnya bersantai diri. Ia bekerja keras untuk bisa duduk di DPRD. Titin menjadi bendahara DPD PAN Konkep, lalu naik menjadi pengurus DPW PAN Provinsi Sultra.

Selain sibuk dengan tugas dewan, Titin disibukkan pula dengan tanggung jawab Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Konawe. Tak hanya itu, ia juga Ketua Dekranasda Kabupaten Konawe, dan dipercaya Palang Merah Indonesia menjadi ketua PMI Kabupaten Konawe, serta ketua Lembaga Seni Kasida Konawe.

Kedepan, Titin masih melihat peluang apakah kembali akan mencalonkan diri sebagai anggota legislatif, sangat tergantung pada arahan serta restu dari suami. Dukungan dari anak-anaknya juga sangat menentukan langkah politik ke dewan periode 2019-2024.

Perempuan berparas cantik, pemilik hobi membaca dan mendengarkan musik ini, sebelum menjadi istri bupati dan anggota dewan, seorang ibu rumah tangga biasa. Tugasnya hanya mendidik anak-anak dan mendukung langkah suami dalam berkarir. Perannya sangat besar ketika Kery Saiful Konggoasa terpilih menjadi bupati Konawe periode 2013-2018.

Prinsip hidupnya, ‘jalani hidup seperti air mengalir’. Sepanjang hal itu positif, tak pergu gengsi menjalaninya. Ia pernah menekuni bisnis kecil-kecilan dengan berdagang barang yang ia beli di Jakarta untuk mengisi waktu luang. Saat senggang, Titin senang memasak makanan kegemaran suami. Pasangan super sibuk ini tetap mampu membagi waktu untuk keluarga dan masyarakat.

Titin yang beralamat di Desa Bukit Permai, Kecamatan Wawonii Barat, menyelesaikan sekolah di SDN 4 Kendari tamat 1984, SMPN 1 Kendari tamat 1987, SMAN 1 Kendari tamat 1990, dan sempat mengenyam pendidikan di Fakultas Pertanian UHO, hingga tahap penyusunan skripsi.

Titin dikaruniai lima orang anak, yakni Fachry Pahlevi Konggoasa, SE lahir 14 Mei 1995, Fadly Fachrezi Konggoasa lahir 15 November 1996 (pendidikan Akpol), Putri Az’zahra Konggoasa lahir 12 September 1998 (tamat SMA), Al-Fandhy Fachreza Konggoasa lahir 14 September 2001 (pendidikan IIHS Jakarta), dan Fanny Avryillya Konggoasa lahir 5 April 2005 (pendidikan SMPN 1 Kendari). ***