Rudy Tahir, S.H.

RUDY TAHIR,SH ( Anggota )
Rudy Tahir,SH ( Anggota )

Berjuang untuk Pemerataan Pembangunan

Rudy Tahir, S.H.

Rudy Tahir, S.H, salah satu anggota DPRD Kabupaten Konawe Kepulauan periode 2014-2019 termuda. Ia melenggang sebagai wakil rakyat menggunakan Partai Gerindra setelah meraih 820 suara.

Rudy Tahir berafiliasi dengan tiga partai politik dan membentuk satu Fraksi Gabungan Persatuan Nasional Indonesia Raya, yang terdiri dari Partai Gerindra, Partai Nasdem, dan Partai Keadilan Persatuan Indonesia (PKPI).

Pada 2011, Rudy Tahir bergabung di Partai Gerindra karena memiliki visi misi yang sama dengan pribadinya, yaitu mengedepankan kesejahteraan rakyat, keadilan Sosial dan tatanan politik yang berlandaskan pada nilai-nilai nasionalisme dan religiusitas. Juga mendorong pembangunan yang menitikberatkan pada pembangunan ekonomi kerakyatan, pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan, dan pemerataan hasil-hasil pembangunan bagi seluruh warga dengan senantiasa berpegang teguh pada kemampuan sendiri.

Awalnya, Rudy Tahir berada di Komisi III. Setelah ada perolingan kini ia duduk sebagai anggota Komisi II yang bertugas di bidang ekonomi, keuangan, dan pembangunan dengan bermitra sebanyak 24 instansi seperti: Dinas Pertanian (termasuk urusan peternakan dan kesehatan hewan), Dinas Perikanan dan Kelautan, Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, dan UKM, Bappeda, Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang, dll.

Selama di komisi III, ia telah mendorong beberapa hal kepada Pemerintah Daerah setempat, seperti peningkatan anggaran pendidikan, peningkatan pelayanan kesehatan, peningkatan jalan dan pembangunan fasilitas pelayanan masyarakat.

Sebagai anggota DPRD, Rudy Tahir bekerja dalam koridor visi misi. Visinya adalah terwujudnya fungsi dan tugas legislatif sebagai mitra sejajar pemerintah atau eksekutif. Adapun misinya yaitu: melaksanakan koordinasi dan evaluasi instansi atau SKPD terkait pemerintah, meningkatkan pelayanan terhadap tugas dan fungsi legislatif secara profesional, transparan dan akuntabel, dan meningkatkan kualitas pelayanan terhadap tugas dan fungsi pembentukan perda, fungsi anggaran dan fungsi pengawasan.

Pada Pemilu 2019, Rudy Tahir memastikan akan kembali mencalonkan diri untuk periode keduanya. Masih banyak yang ingin ia lakukan untuk masyarakat Konkep, terutama komunitas masyarakat Bajo. Ia ingin ada pemerataan pembangunan bagi masyarakat Bajo di Konkep. Bantuan kapal, katinting, dan perahu. Selama ini sudah ada bantuan, namun belum maksimal. Ia juga masih akan mendorong pembangunan jalan permanen dari sebelumnya yang hanya jembatan kayu. Ia juga masih akan mendorong pembangunan sekolah yang memadai di kampung-kampung Bajo.

Sebelum menjadi anggota DPRD Konkep, Rudy pernah bekerja sebagai marketing motor Honda di PT. Tunas Dwipa Matra Kendari tahun 2005, supervisor CV. Wira Motor Kendari tahun 2006, tenaga penunjang sekaligus staf yang merangkap sebagai notulis persidangan di Sekretariat DPRD Kabupaten Wakatobi tahun 2007-2009, dan asisten Notaris Sudirman Kendari pada 2011-2014.

Rudy terbilang cukup aktif berorganisasi. Ia menjabat sekretaris umum LKMPS (Lembaga Kajian Mahasiswa Program Studi) periode 2001-2002, ketua Basic Training HMI (Himpunan Mahasiswa Islam) Komisariat Fisip Unhalu periode 2003-2004, koordinator kecamatan mahasiswa Unhalu dalam mengikuti Program Kuliah Kerja Profesi (KKP) di Kolaka tahun 2004, ketua Advokasi Hukum dan HAM Kerukunan Keluarga Bajo (Kekar Bajo) Sulawesi Tenggara periode 2005-2010, dan sekretaris IBC (Internasional The Bajo Center) Sultra periode 2007-2012.

Rudy lahir di Langara, 9 April 1981. Ia menyelesaikan pendidikan formalnya di SD Negeri 3 Langara tamat 1994, SMP Negeri 1 Kendari tamat 1997, SMU Negeri 1 Kendari tamat 2000,  dan S1 Fakultas Hukum Jurusan Ilmu Hukum Universitas Haluoleo Kendari.

Anak ke lima dari tujuh bersaudara ini merupakan anak pengusaha dari pasangan H. Muh. Tahir HS dengan Hj. Sitti Hanura. Ia menikah dengan Taty Sumira dan memiliki 3 orang anak yaitu Fauziah Ananta Rudy, Aiman Safaras Rudy, dan Nayla Justitia Rudy. Ia dan keluarga tinggal di Kelurahan Langara Laut, Kecamatan Wawonii Barat, Kabupaten Konawe Kepulauan. ***