Mustaman, A.Md

MUSTAMAN ( Anggota )
Mustaman ( Anggota )

Ikhlas Lepas Kontraktor Demi Rakyat

Mustaman, A.Md

 Mustaman, A.Md resmi duduk di DPRD Konawe Kepulauan (Konkep) pada Senin, 6 Maret 2017 lalu. Ia merupakan pengganti antar waktu (PAW) dari sejawatnya di Partai Bulan Bintang (PBB) almarhum Razak Lakudu.

Meski terbilang baru di DPRD Konkep, namun Mustaman sudah melakukan berbagai terobosan. Salah satunya pengadaan sprei di RSUD Konkep. Tak tanggung-tanggung, ia menggunakan uang pribadinya. Di bidang pendidikan, ia juga mendorong agar para guru di daerah itu disiplin dalam mengajar.

“Percuma kita gelontorkan banyak anggaran untuk pendidikan, tapi kalau guru tidak disiplin hasilnya kan tidak maksimal juga untuk meningkatkan sumber daya manusai kita,” kata Mustaman dihubungi tim penulis, Jumat (25/8/2017).

Mustaman memang tidak main-main dalam mengemban amanah rakyat. Baginya, amanah rakyat adalah prioritas utama karena salah satu alasannya terjun ke dunia politik adalah untuk membantu masyarakat kecil, baik di bidang pendidikan, kesehatan, maupun ekonomi.

Sebelum terjun ke dunia politik, Mustaman memang aktif di dunia konsultan. Ia bahkan tercatat sebagai Direktur CV Ikhsan Pratama Konsultan. Namun, ia memilih jadi politisi karena merasa dirinya tidak bisa berbuat apa-apa untuk masyarakat sekitarnya dengan hanya menjadi kontraktor.

“Menjadi konsultan hanya untuk diri saya pribadi, tidak bisa membantu masyarakat kecil. Dengan menjadi wakil rakyat saya bisa menjadi penyambung aspirasi mereka,” kata Mustaman.

Mustaman lahir di Dimba, 13 Agustus 1979. Di DPRD Konkep ia tergabung di Fraksi Kerakyatan. Ia juga merupakan anggota Komisi III yang membidangi pendidikan, kesehatan, dan kesejahteraan. Mustaman terpilih duduk di parlemen setelah meraih suara 260 pemilih.

Anak ketiga dari enam bersaudara ini menyelesaikan pendidikan formalnya di SDN Puudongi Kolaka, SMPN Tosiba Kolaka, SMAN 2 Kendari atau STM, dan D3 Teknik UHO. Sewaktu kuliah, Mustaman juga aktif sebagai pengurus Senat Teknik UHO.

Pria yang menyukai olahraga sepak bola ini menikah dengan Rosmayanti dan diakruniai tiga orang anak, yakni Muh Ichsan, Muh Irgi, dan Ulfia Amiroh. Saat ini Mustaman dan keluarga tinggal di Desa Mata Dimba, Kecamatan Wawonii Timur Laut. ***