Muh. Rijal, S.IP, M.Si

MUH. RIJAL, S.IP, M.Si ( SEKWAN )
MUH. RIJAL, S.IP, M.Si ( SEKWAN )

Kuncinya Koordinasi dan Terbuka

Muh. Rijal, S.IP, M.Si ( Sekretaris DPRD)

Bertutur kata lembut, ramah menyambut, hangat menjabat tangan. Itulah ilustrasi sosok Muh. Rijal, S.IP, M.Si, saat kali pertama berjumpa. Tokoh populer bersahaja dan religius ini, lahir di Kendari, 22 September 1963.

Dalam waktu sebelas bulan menjabat Sekretaris DPRD (Sekwan), masalah-masalah di lingkungan kerjanya dapat teratasi dengan baik. Padahal, tidak gampang mengelola para politisi dengan latar belakang beragam karakter dan asal partai. Bagi Muh. Rijal, bagaimana mengkoordinasikan sesuatu, itu sangat penting ketika ada program pemerintah melibatkan DPRD, maka pertama dilakukan, koordinasi dengan para anggota, terutama para pimpinan DPRD.

Lelaki pemilik hobi olahraga dan membaca ini, mengungkap rahasia tips kepemimpinan untuk sukses memimpin di instansinya. Pertama, harus terbuka. Apapun yang ingin dilakukan khususnya penganggaran harus terbuka terhadap para anggota, terutama pimpinan DPRD, di dalam pelaksanaan kegiatan keuangan. Jika tidak terbuka, ungkapnya, bisa sinis.

Kedua, dalam hal mengkoordinasikan hal-hal tertentu kepada Pemerintah Daerah harus intensif, sehingga apapun kepentingan DPRD, mampu tersalurkan dalam pemerintahan. Dengan demikian konektifitas antara Pemerintah Daerah dengan DPRD bisa terjalin.

Katanya, selama ini yang menjadi masalah, hubungan koordinasi masih kurang. Namun sekarang, dengan koordinasi yang bagus, pengambilan keputusan paripurna atau pengambilan keputusan lain, sudah tidak ada hambatan lagi.

Masih ada pembenahan yang akan dilakukan Muh. Rijal kedepan, diantaranya: perbaikan rekrutmen Tenaga Ahli dan Tim Ahli DPRD, dan meningkatkan kualitas serta intensitas koordinasi antara Pemerintah Daerah dengan DPRD. Menurutnya, capaian DPRD saat ini sudah cukup bagus, dari pembentukan Perda, kurang lebih 21 Perda telah ditetapkan dalam kurun waktu tiga tahun.

Pria berusia 54 tahun ini mempunyai motto hidup: pantang menyerah meraih kebenaran. Ia menyelesaikan pendidikan pada SDN Noko tahun 1977, SMP Langara tahun 1980, SPG Kendari tahun 1983, D3 jurusan guru Universitas Terbuka, S1 jurusan ilmu pemerintahan Universitas Muhammadiyah Kendari tahun 2005, dan S2 konsentrasi ilmu pemerintahan STIE Yappan Jakarta tahun 2008.

Muh. Rijal cukup aktif pada sejumlah organisasi, misalnya pernah pengurus Senat Mahasiswa UT, ketua MUI Kecamatan Moramo, dan kini sebagai ketua Rais Surya NU Kabupaten Konkep.

Memulai karir birokrasi dari bawah, yakni sebagai guru sekolah dasar di Ambesea, Konsel tahun 1983-1998, lalu sepala sekolah SD 3 Sumber Sari tahun 1998-2005, pengawas Kecamatan Moramo, Konsel tahun 2005-2006, kepala SKB Ranomeeto, Konsel tahun 2006-2009, dan kepala Bidang Pendidikan Diknas Konsel tahun 2009-2013.

Setelah cukup lama mengurus pendidikan, Muh. Rijal mendapat tugas di bidang yang berbeda yakni menjabat Inspektur Pembantu (Irbang) I tahun 2014, Asisten II 2014, Kadis Perindagkop 2015, Kepala Pelaksana BPBD 2015-2016, Sekretaris DPRD Konkep mulai September 2016 hingga sekarang.

Pernah mengikuti sejumlah kursus, diantaranya Pelatihan Kepemimpinan (PIM) Tingkat III di Surabaya, Pelatihan Kepemimpinan (PIM) Tingkat II di Semarang. Dengan menyelesaikan PIM II maka otomatis Muh. Rijal telah mememuhi syarat jabatan eselon dua, seperti kepala dinas dan sekretaris daerah.

Dalam pergaulan sosial kemasyarakatan, ia tidak membedakan orang, semua diperlakukan sama, tanpa memandang status sosial. Demikian pula dalam memberikan pelayanan di lingkungan kantor Sekretariat DPRD Konkep.

Sepadat apapun kesibukan tugas kantor, Muh. Rijal setiap hari selalu menyempatkan diri berkomunikasi dengan anak-anaknya meski hanya lewat telepon. Di hari libur benar-benar dimanfaatkan untuk keluarga dan berinteraksi sosial.

Figur murah senyum ini dikaruniai enam orang anak, yakni Rahmat Buhari, S.Sos, Rosma Dewi, SE, Nur Rahmah, A.Md.Kes, Amal Buhari, Nur Hikmah, dan Muthia Azzahra. Muh. Rijal bersama keluarga tercinta bermukim di Konkep, dan juga di Jalan Lango-Lango BTN Griya Baruga J5, Kota Kendari. ***