Abdul Rahman, SE.,M.A.P

Dapil I (Wawonii Barat, Wawonii Tengah) - Fraksi Keadilan Demokrasi Contact
  • Get Connect:

Biodata Lengkap

Abdul Rahman, SE, M.AP

Politik untuk Kemajuan Masyarakat 

Abdul Rahman, SE, M.AP memiliki keinginan untuk membawa masyarakat di daerahnya menjadi lebih maju. Memang bukan pekerjaan yang mudah, tetapi dengan tekad yang kuat, setelah melalang buana di berbagai pekerjaan, Abdul Rahman akhirnya memilih panggung politik sebagai jalur perjuangannya untuk mewujudkan keinginan tersebut.

Dengan usaha dan kenyakinannya, pria yang lahir di Lampeapi, 12 Juli 1982 ini pun sukses menjadi anggota DPRD Kabupaten Konawe Kepulauan. Melalui Partai Keadilan Sosial (PKS) Abdul Rahman berhasil duduk di kursi legislative dua periode, 2014-2019 dan 2019-2024.

Sejak SD hingga SMA Abdul Rahman meniti sekolah formalnya di Lampeapi Kabupaten Konawe Kepulauan, yaitu dari SDN 1 Lampeapi, SMPN 1 Lampeapi, SMAN 1 Lampeapi. Selama sekolah, ia selalu didapuk jadi ketua OSIS.

Usai menamatkan SMA, ia baru keluar dari tanah kelahirannya ke Kota Kendari dan melanjutkan pendidikannya di Universitas Halu Oleo (UHO) Kendari dengan mengambil jurusan keguruan program studi kimia. Namun, ia hanya beberapa semester saja. Kemudian pindah di STIM Makassar sampai meraih gelar Sarjana Ekonomi. Tak lama setelah sarjana, Abdul Rahman kembali melanjutkan pendidikan magisternya dan menyelesaikan S2 di jurusan yang sama, ekonomi, di UHO. Semasa kuliah di UHO, ia juga pernah menjabat sebagai sekretaris BEM.

Abdul Rahman pernah bekerja di PT Starget Pasific Resources, sebagai Shipping Superintendent selama 6 tahun. Pimpinan Cabang PT Aksar Saputra Line Cabang Konawe Utara, Komisaris PT Jurnia Mutiara, bergerak di bidang jasa bongkar muat di Konut. Tidak hanya itu, Ia juga pernah menjabat sebagai Dirut Newport Utama Marine di Sulawesi Tenggara. 

Untuk meningkatkan keilmuan dan pengalamanannya, Ia pun mengikuti pelatihan ekspor impor di Jakarta yang diselenggarakan Bea Cukai, serta pelatihan perdagangan luar negeri yang diselenggarakan Perindagkop Provinsi Sulawesi Tenggara. 

Sehingga dengan banyaknya pengalaman yang dimilikinya itu, Abdul Rahman mendapatkan amanah menjadi Pimpinan Solidaritas Pekerja Tambang Nasional Indonesia (Spartan) Sultra.

Tidak sampai di situ, demi kemajuan daerah ia pun meluaskan jalur perjuangannya dengan mencalonkan diri sebagai anggota legislatif pada pemilu 2014 lalu, mewakili dapil satu Wawonii. Maka melalui partai pilihannya yaitu Partai Keadilan Sejahtera (PKS), ia sukses terpilih dengan perolehan suara 1.502 pemilih. Kader militan PKS ini pun duduk menjadi anggota DPRD Konawe periode 2014-2019 dengan perolehan suara terbanyak.

Usai terpilih, beberapa bulan kemudian Kabupaten Konawe Kepulauan mekar. Ia bersama tiga rekannya yang berasal dari dapil yang sama resmi pindah ke Konawe Kepulauan. Di sana, politisi PKS ini diamanahi jabatan sebagai Wakil Ketua I. dengan posisi tersebut, Abdul Rahman menjadi pimpinan DPRD Konawe Kepulauan termuda di antara pimpinan lainnya pada periode 2014-2019.

Selama duduk sebagai wakil rakyat, Abdul Rahman banyak mengusulkan berbagai program untuk kesejahteraan masyarakat seperti pertanian, perikanan, infrastruktur jalan dan pendidikan. Mengingat salah satu misinya adalah membantu masyarakat Wawonii di bidang ekomoni kreatif, sehingga dapat berkembang seperti masyarakat di daerah yang sudah modern.

Latar belakangnya sebagai pengusaha membuat Abdul Rahman sangat berpengalaman dalam membuat program-program yang bisa menyentuh langsung masyarakat. Yaitu program yang dapat menambah penghasilan per kapita masyarakat lebih tinggi.Salah satu yang diusahakannya adalah mendatangkan investor di Konawe Kepulauan.

Melalui partai yang sama, pada Pilcaleg 2019 ia kembali melanjutkan perjuangannya. Karena kinerjanya yang baik selama duduk di kursi legislatif, membuatnya masih dipercaya oleh rakyat untuk menjadi anggota DPRD Kabupaten Konkep untuk periode keduanya, 2019-2024. Ia pun kembali meraih keberuntungannya di panggung politik dengan peraihan 211 suara pada dapil I.

Meski pekerjaannya di DPRD Kabupaten Konkep cukup padat, Abdul Rahman masih meluangkan waktu untuk berkumpul dengan keluarga di kediamannya di Desa Lamongupa, Kecamatan Wawonii Tengah. Menikah dengan Evan Sofia A, ia dikaruniai tiga orang anak, yaitu Jurnia Ranman Revan Al Rahman, dan Salsabila Rahman. 

Politisi satu ini mempunyai banyak hobi, yakni sepak bola, bola voli, bulu tangkis, pencak silat Perisai Diri, baca buku serta bisnis. (Fitra Nugraha/M Nasir Idris)