Irwan

Dapil I (Wawonii Barat, Wawonii Tengah) - Fraksi PAN Contact
  • Get Connect:

Biodata Lengkap

Irwan

Amanah, Wakil Ketua DPRD Konawe Kepulauan 

Berawal dari keinginan kuat untuk mengabdi kepada bangsa dan negara, serta tanah kelahiran, mendorong Irwan terjun di dunia politik dan menjadi anggota DPRD Konawe Kepulauan. Alhasil, meski terhitung sebagai pendatang baru di kursi legislatif, ia diberikan amanah menjadi Wakil Ketua DPRD Konawe Kepulauan periode 2019-2024.

Pria yang lahir di Langara 5 Mei 1997 ini, memulai karir pendidikannya di SD Negeri 1 Langara, 1989. Kemudian melanjutkan sekolah menengah pertama di SMP Negeri 1 Langara dan lulus pada tahun1992. Di tengah keterbatasannya, Irwan tetap melanjutkan sekolahnya hingga di tingkat sekolah atas dan masuk di SMA 1 Wawonii. Hanya sayang, begitu tamat SMA pada 1995, ia harus menerima keadaan tidak bisa melanjutkan pendidikannya di tingkat perguruan tinggi.

Irwan bukan orang yang mudah putus asa. Ia yakin kesuksesan bisa diraih dengan banyak cara, maka ia memutuskan meninggalkan tanah kelahirannya dan merantau di Sulawesi Utara. Di sana, ia bekerja di sebuah perusahaan yang bergerak di bidang pengelolaan arang, selama kurang lebih enam bulan. 

Hanya setahun mengadu nasib di kampung orang, Irwan kemudian kembali ke Kendari pada tahun 1997 dan menjadi tenaga honorer di perusahaan BUMN yakni PT Angkutan Sungai, Danau, dan Penyeberangan (ASDP) Indonesia (Persero), selama tiga tahun.

Keluar dari ASDP, ia pun kembali menco bakeberuntungan dengan mengikuti kursus di Balai Latihan Kerja (BLK) Kendari tahun 1999. Siapa sangka, dari sinilah Irwan mendapatkan keberuntungan dengan mengasah kemampuannya dalam bidang UMKM. Dengan adanya ilmu yang didapatkan selama mengikuti pelatihan di BLK, Irwan kemudian memberanikan diri membuka usaha mebel di Konawe Kepulauan pada tahun 2001 dan bertahan sampai sekarang.

Meski usaha mebelnya terus berjalan, tetapi Irwan merasa perlu untuk meluaskan lagi manfaatnya kepada orang banyak, maka ia pun mencoba terlibat dalam dunia politik. Sejak tahun 2004, ia memulai karir politiknya dengan menjadi simpatisan politik dan sampai pada akhirnya ia masuk dalam kepengurusan PAN Konawe Kepulauan. 

Dengan banyaknya pengalaman yang dimilikinya, para pengurus PAN pun mempercayai Irwan untuk menjadi Wakil Ketua DPD PAN Konawe Kepulauan. Tak lama berselang menduduki kursi pimpinan di partainya, ia pun punya keinginan untuk maju pada Pilcaleg 2019 lalu. Alhasil, melalui Dapil I ia sukses terpilih menjadi anggota DPRD Konawe Kepulauan periode 2019-2024, dengan perolehan sebanyak 209 suara sah. 

Di periode ini, meski terhitung sebagai anggota baru, namun ia diberikan kepercayaan menjadi Wakil Ketua DPRD Konawe Kepulauan. “Alhamdulillah, saya patut bersyukur diamanahkan menjadi unsure pimpinan. Dan kedepan kita akan membangun daerah ini bersama-sama pemerintah daerah agar lebih maju lagi, supaya bisa setara dengan daerah lain,”harapnya.

Di tengah kesibukannya menjadi wakil rakyat, Irwan senantiasa meluangkan waktu untuk berkumpul bersama keluarga di Desa Lamoluo. Keluarga bagi suami Hasniati, S.Pd ini adalah hal yang paling berharga. 

Baginya, ia tak bisa berbuat banyak tanpa dukungan dari keluarganya, bahkan keluarga merupakan sumber motivasinya baik dalam menjalankan tugas kantor maupun di luar kantor. Apalagi, ada putrinya yang harus dia bombing dan didik sepenuh hati untuk menyambut masa depan yang cerah, yakni Afifah Raihana Alwi. (Fitra Nugraha/M Nasir Idris)