Hajarpin, SP

Dapil II (Wawonii Timur, Wawonii Timur Laut, Wawonii Utara) - Fraksi Mepokoasade Contact
  • Get Connect:

Biodata Lengkap

Mulanya Mau jadi Guru

Meski masih terbilang muda terkecimpung di dunia politik, namun Hajarpin, SP mampu bersaing dengan para politisi lainnya yang lebih dulu ada di panggung politik. Dengan tekat yang kuat, ia yang baru sekitar setahun berapa di dunia politik sukses menjadi anggota DPRD Konawe Kepulauan periode 2019-2024.

Awalnya Hajarpin yang lahir di Lansilowo 5 Februari 1951 ini, tidak pernah sama sekali bermimpi bisa duduk di kursi legislatif, cita-citanya sederhana, ingin mengabdi kepada negara dengan menjadi Aparatur Sipil Negara (ASN). Apalagi orang tuanya merupakan Guru bersatus ASN di salah satu sekolah yang ada di Konawe Kepulauaan, sehingga wajar Hajarpin pun juga berkeinginan menjadi seperti orang tuanya. Maka, sebelum menjadi anggota dewan, ia pernah bekerja menjadi salah satu pegawai di Dukcapil selama empat tahun.

Namun seiring berjalannya waktu, begitu Konawe Kepulauan mekar dan DPRD dibentuk di sana pada tahun 2015 lalu, Hajarpin pun mulai tidak membatasi cita-citanya untuk mengabdi kepada negara hanya menjadi seorang ASN. Ia merasa dengan manjadi anggota legislatif di tanah kelahirannya itu, maka keinginannya yang ingin mengabdi pada negara akan lebih luas jangkauannya. Mengingat, DPRD merupakan mitra pemerintah dalam pembangunan daerah.  

Dengan adanya dukungan orang terdekat dan keluarga, lelaki yang memiliki hobi membaca ini kemudian mengadu nasib mencoba mengikuti Pemilu 2019. Alhasil, melalui Partai Demokrat ia berhasil terpilih menjadi anggota DPRD Konawe Kepulauan periode 2019-2024 dengan perolehan 474 suara pemilih dari Dapil II, yang melingkupi tiga Kecamatan yaitu Kecamatan Wawonii Utara, Timur Laut dan Timur.

Pada periode pertamanya ini, lelaki bermotto selalu ada dan tampil sederhana ini akan memberikan kinerja yang baik untuk membantu pemerintah dalam pembangunan daerah, maka apapun visi misi pemerintah, selama untuk kemajuan Konawe Kepulauan harus didukung. “Sebagai putra daerah, kita bisa membawa daerah Konkep agar setara dengan daerah lainnya,” katanya.

Hajarpin memulai karir pendidikannya dengan menyelesaikan pendidikan tingkat dasarnya di SD Negeri 2 Lansilowo tahun 1994. Kemudian masuk di SLTP Negeri 1 Wawonii dan lulus pada tahun 1997. Tamat dari SMP, Ia pun meninggalkan tanah kelahirannya dan melanjutkan studinya di SMA Negeri 4 Kendari. Begitu melepas seragam putih abu-abunya secara resmi pada tahun 2000, ia lalu mendaftar di Fakultas Pertanian Universitas Halu Oleo (UHO), dan meraih gerlar Sarjana Pertanian pada tahun 2006.

Selama kuliah, ia aktif mengkuti organisasi kemahasiswaan baik internal maupun eksternal kampus. Di lingkup internal kampus, ia pernah aktif di HMJ Ilmu Tanah Fakultas Pertanian dan bahkan pernah juga terlibat di Majelis Permusyawaratan Mahasiswa (MPM) yang sebagai lembaga legislatif kampus.

Di tengah kesibukannya bekerja sebagai wakil rakyat, suami dari Juliana ini tak lupa selalu meluangkan waktunya untuk berkumpul dengan keluarganya di kediamannya yang beralamat di Kelurahan Lansilowe, Kecamatan Wawonii Utara. Saat ini, ia bersama istrinya telah dikaruniai dua orang anak, yakni Nurul Fachmi yang kini duduk di bangku kelas 2 SMP dan Aulia Ibnu Hajar yang masih TK. (Fitrah Nugraha/M Nasir Idris)