Hatiga, S.Sos

Dapil II (Wawonii Timur, Wawonii Timur Laut, Wawonii Utara) - Fraksi Keadilan Demokrasi Contact
  • Get Connect:

Biodata Lengkap

Menginspirasi Kaum Hawa di Panggung Politik

Meski sebagian orang masih menganggap kaum hawa adalah warga kelas dua di panggung perpolitikan, namun Hatiga, S.Sos mematahkan argument tersebut dengan membuktikan dirinya juga mampu bergulat di kursi legislatif. Itu dibuktikan dengan kembalinya ia terpilih menjadi anggota DPRD Konawe Kepulauan pada Pemilu 2019, setelah membuktikan dirinya juga mampu memberikan kinerja baik selama periode 2014-2019.

Keinginan yang kuat untuk duduk di kursi dewan ini, ia dapatkan dari tokoh inspirasinya yakni, Megawati Soekarnoputri yang merupakan Presiden Indonesia pertama dari kaum hawa. Maka melalui Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) yang diketuai Megawati ini, Hatiga kembali terpilih menjadi anggota DPRD periode 2019-2024, dengan meraih 267 suara melalui Dapil II.

Kehadirannya di dunia politik tidak diragukan lagi. Hatiga sempat menempati posisi Wakil Ketua Badan Kehormatan dan anggota Komisi C DPRD Konawe Kepulauan periode 2014-2019. Kemudian pindah ke Komisi A dan juga menjadi anggota Badan Musyawarah dan anggota Bapemperda.

Di lingkungan partai, wanita yang lahir di Munse tanggal 20 Juni 1977 ini juga Bendahara DPC PDIP Kabupaten Konkep. Bahkan ia juga tergabung dalam anggota Kaukus Parlemen Perempuan, sehingga ia menjadi paham mengenai isu-isu strategis dalam pembangunan lima tahun ke depan tentang perempuan dan politik, perempuan dan kesehatan, perempuan dan pendidikan, perempuan dan pekerjaan, perempuan dan kekerasan, perempuan dan sumber daya alam, perempuan dan HAM, perempuan dan media massa, perempuan dan legislasi nasional, juga terkait perempuan dan budaya.

Melalui kiprahnya yang cukup panjang itu, seolah telah mengkonfirmasi bahwa keinginan Hatiga yang ingin memberikan inspirasi kepada kaum hawa, khusunya perempuan di Konawe Kepulauan untuk berpartisipasi dalam setiap proses pengambilan kebijakan public kini mulai terwujudkan.

Sebelum menjadi anggota dewan, dengan tangannya sendiri, istri dari Drs. H. Bansin Supravogi memiliki banyak waktu merawat dan mendidik anak-anaknya, yakni Vivi Fadila Rahmasari dan Nur Amalia Febriani. Dengan penuh kasih dan sayangnya, melalui tangannya sendiri ia mendidik kedua putrinya agar menjadi generasi berjiwa tangguh dan berkarakter.

Memiliki jiwa tangguh dan berkarakter tidak hanya dia berikan kepada anaknya dalam bentuk teori saja, tetapi dalam bentuk tindakan nyata. Dimana, di tengah kesibukannya menjadi anggota dewan, ia tidak meninggalkan kewajibannya sebagai seorang ibu rumah tangga, dan bahkan masih bisa membagi waktu untuk mengurus sejumlah usaha rumah kos yang dirintisnya sejak lama. Ia memiliki rumah kos di Bukit Permai di Langara dan di Kota Kendari yang terletak di Jalan Jati Raya dengan fasilitas puluhan kamar.

Hatiga menamatkan pendidikan SDN 1 Munse tahun 1990, SMP 1 Waworete tahun 1993, dan SMA 1 Wawonii tahun 1996. Ibu dua anak ini menyelesaikan kuliah S1 di Universitas Lakidende, setelah lolos menjadi anggota dewan tahun 2014. Ia juga pernah mengikuti kursus bahasa inggris tahun 1999. Saat ini, Hatiga bersama keluarganya bermukim di Kelurahan Munse, Kecamatan Wawonii Timur, Kabupaten Konawe Kepulauan. (Fitrah Nugraha/M Nasir Idris)