Kalbi Erdiyansyah, S.Ak

Dapil I (Wawonii Barat, Wawonii Tengah) - Fraksi Kebangkitan Bangsa Contact
  • Get Connect:

Biodata Lengkap

Saatnya yang Muda Berpolitik

Meski masih terbilang muda, keinginan untuk memajukan daerah melalui panggung politik sudah dipegang oleh Kalbi Erdiyansyah, S.Ak. Memang bukan pekerjaan yang mudah, tetapi itu tidak membuat semangat pemuda asal Wawonii  Barat surut, karena sudah saatnya yang muda maju di garda terdepan untuk berjuang memajukan daerah.

Dengan bermodalkan usaha, keyakinan serta tekad yang kuat pemuda kelahiran Mawa 29 September 1993 memberanikan diri untuk bertarung pada pemilihan calon legislatif (Caleg) 2019 silam. Alhasil, keberuntungan berpihak kepadanya.

Ia pun sukses menjadi anggota DPRD Kabupaten Konawe Kepulauan periode 2019-2024. Melalui Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), pemuda berusia 27 tahun memulai karir politiknya di Dapil I dan mendapatkan 437suara sah pemilih.

Kalbi Erdiyansyah memulai karir pendidikannya di SD Negeri 3 Langara. Kemudian melanjutkan pendidikannya di SMP 1 Wawonii. Setelah tamat di sekolah menengah pertama, ia pun melanjutkan studinya di daerah yang sama di SMA 1 Wawonii. 

Pendidikan baginya adalah sesuatu yang penting untuk ditempuh dan diperjuangkan, karena dengan itu cita-cita dan harapan yang diinginkan dapat dengan mudah tercapai. Maka jenjang pendidikannya tidak boleh berhenti di tingkat sekolah menengah atas saja, Kalbi Erdiyansyah pun rela meninggalkan tanah kelahiran menuju Kota Kendari untuk meneruskan pendidikannya di tingkat yang lebih tinggi lagi. 

Maka begitu tamat dari seragam putih abu-abu, Kalbi Erdiyansyah masuk di Universitas Halu Oleo (UHO) pada tahun 2011, mengambil jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB). 

Saat kuliah ia pun tergolong mahasiswa yang aktif berorganisasi baik internal maupun eskternal kampus. Karena baginya, ilmu tidak hanya bisa didapat di bangku pendidikan formal saja, tetapi juga banyak pelajaran berharga yang didapatkan di luar jam pelajaran yaitu dengan mengikuti organisasi kemahasiswaan.

Maka semasa menjalani kuliah, ia pun sempat menjadi salah satu pengurus Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Akuntansi tahun 2012. Ia juga pernah menjadi pengurus Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Konawe Kepulauan tahun 2017.

Di dalam berorganisasi, ia banyak menimba pengalaman dan ilmu di dalamnya seperti belajar dasar-dasar kepemimpinan hingga belajar berkomunikasi dengan orang banyak yang tentunya membentuk mental rasa percaya diri. Sehingga tak heran ilmu organisasi inilah yang menjadi salah satu faktor dirinya bisa menduduki kursi legislatif di usianya yang masih 27 tahun.

Sebelum terjun di dunia politik, Kalbi sempat bekerja menjadi staf bagian umum Pemerindah Daerah (Pemda) Konawe Kepulauan dan staf Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Konawe Kepulauan.

Di tengah kesibukannya sebagai anggota dewan, Kalbi Erdiyansyah senantiasa meluangkan waktu untuk berkumpul bersama keluarganya, khususnya dengan istrinya, Nurbayani Muh.Nasir, A.Md.Keb. (Fitra Nugraha/M Nasir Idris)