Arifuddin Bakrie

Dapil II (Wawonii Timur, Wawonii Timur Laut, Wawonii Utara) - Fraksi Golkar Nasdem Contact
  • Get Connect:

Biodata Lengkap

Arifuddin Bakrie

Menyebar Kebaikan Lewat Kursi Legislatif

Berlomba-lomba dalam kebaikan menjadi motto hidup dari Arifuddin Bakrie. Pria yang merupakan salah satu kader dariorganisasi Islam yang cukup besar di Indonesia yaitu Muhammadiyah, memilih menjadi anggota DPRD Kabupaten Konawe Kepulauan sebagai jalur perjuangan untuk memajukan kampung halamannya.

Putra dari pasangan Muhammad Bakrie dan Ibu Muniha, memulai riwayat pendidikannya di SD Negeri 1 Mawa dan tamat pada tahun 1990. Kemudian, ia menyelesaikan sekolah menengah pertamanya di SMP Negeri Langara pada 1994. Meski lahir dari keluarga petani, Arifuddin Bakrie memiliki mimpi yang besar. Maka untuk mewujudkan mimpinya itu, di tengah keterbatasan ekonomi, ia memberanikan diri untuk meninggalkan tanah kelahirannya yaitu Wawonii ke Kota Kendari untuk melanjutkan studinya di SMA Muhammadiyah Kendari.

Baginya untuk meraih masa depan yang cerah dibutuhkan pendidikan dan ilmu pengetahuan yang memumpuni, maka begitu tamat dari seragam putih abu-abu pada tahun 1997, ia pun melanjutkan studinya di Universitas Halu Oleo, dengan mengambil jurusan proteksi tanaman/ilmu hama dan penyakit tumbuhan pada Fakultas Pertanian. Menyelesaikan S1 pada 2005 silam, ia pun kembali memperdalam keilmuan pertaniannya dengan melanjutkan jenjang pendidikan S2-nya pada IlmuPenyakit di UHO dan menyelesaikan pendidikan masternya pada 2017.

Saat kuliah ia pun tergolong mahasiswa yang aktif berorganisasi baik internal maupun eksternal kampus, khususnya di organisasi keislaman. Karena kepiawaiannya, Arifuddin Bakrie selalu mendapatkan jabatan dalam organisasi yang digelutinya. Dimana ia pernah menjadi Sekertaris Umum HIMA IHPT Fakultas Pertanian UHO selama setahun pada tahun1999-2000, Ketua Umum Pimpinan Komisariat IMM Fakultas Pertanian UHO dari tahun 2000 hingga 2001 dan Kepala Bidang Kerohanian DPD KNPI Kota Kendari 2001-2003.

Meski berbagai organisasi kampus yang dilewatinya tetapi Arifuddin Bakrie tetap konsisten untuk membesarkan nama Muhammadiyah sampai saat ini. Maka karena kegigihannya sebagai kader Muhammadiyah sejak duduk di bangku SMA Muhammadiyah, pria yang lahir di Desa Bangun Mekar 24 Juni 1978 ini pernah diamanahkan jabatan penting. Ia pernah menjabat sebagai Ketua Umum Dewan Pimpinan Daerah IMM Sulawesi Tenggara periode 2002-2004, Ketua PIMDA 113 Tapak Suci Putra Muhammadiyah Kota Kendari 2001-2005, Ketua Pimpinan Daerah Pemuda Muhammadiyah Kota Bau-bau 2008-2012, serta menjabat sebagai Ketua Umum Pimpinan wilayah pemuda Muhammadiyah Sultra pada tahun 2015 dan bekahir 2019 lalu.

Terlibat dalam organisasi merupakan langkah awal untuk melantih mental dan cara berkomunikasi dengan orang banyak, serta melatih dasar-dasar kepemimpinan. Maka tak heran, dengan pengalaman organisasi yang mumpuni, Arifuddin Bakrie banyak mendapatkan pekerjaan dan jabatan yang ideal dalam hidupnya. Apalagi sebelumnya, ia juga pernah mengikuti berbagai pelatihan yang berskala nasional, diantaranya adalah pendidikan bela negara tahun 1997, pelatihan instruktur nasional 2007 danDiklatsuspim Kokam Nasional 2016.

Maka sebelum terjun di dunia politik, anak kelima dari tujuh bersaudara ini pernah bekerja dan menjadi KepalaSekertariat pimpinan wilayah Muhammadiyah Sultra 1997-2005,Kordinator Kabupaten Konawe Selatan pemantau pemilu JPPR tahun 2004, Kordinator sarjana pendamping penggerak wajib belajar 9 tahun Kabupaten Buton 2007, Dekan Fakultas Pertanian Universitas Muhammadiyah Buton dari tahun 2006 hingga 2012, Kepala Biro umum dan kepegawaian Unirsitas Muhammadiyah Kendari (UMK) 2014-2015, Kepala UPT-LAB UMK selama setahun pula, tahun 2015-2016, termasuk pernah menjadi Panwas Kecamatan Wua-wua tahun 2014 silam.

Setelah melalangbuana dari organisasi ke organisasi, dari pekerjaan ke pekerjaan dan dari jabatan ke jabatan lainnya, Arifuddin Bakrie akhirnya terpanggil untuk mengabdikan dirinya di kampung halamannya dan memutuskan maju sebagai bakal calon legislative DPRD Kabupaten Konawe Kepulauan di Dapil II Wawonii untuk periode 2019-2024. Melalui Partai Nasdem, ia pun sukses terpilih dengan perolehan suara 239 pemilih.

Di tengah kesibukannya sebagai anggota DPRD Konawe Kepulauan, suami dari Nursakti, S.Pd ini tak lupa meluangkan waktu untuk bersama keluarga dan anak yang dicintainya, Nurkhairunisa Bakrie. (Fitra Nugraha/M Nasir Idris)