Hatiga, S.Sos

Hatiga, S.Sos ( Anggota )
Hatiga, S.Sos ( Anggota )

Pengusaha Rumah Kos Sukses di Dewan

Hatiga, S.Sos

Hatiga, S.Sos menjadi salah satu srikandi terpilih pada Pemilu 2014, diantara dua perempuan parlemen yang duduk di DPRD Kabupaten Konawe Kepulauan. Dengan meraih 206 suara, Hatiga terpilih menjadi anggota DPRD melalui Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP).

Keberhasilan Megawati sebagai perempuan pertama yang menjadi Presiden Indonesia, menginspirasi kaum perempuan Indonesia untuk melek politik dan tidak ragu berpolitik praktis. Apalagi diikuti kewajiban regulasi yang mengharuskan 30 persen perempuan dalam presentasi calon legislatif.

Hatiga salah satu perempuan yang terinspirasi ingin sukses di dunia politik. Langkah konsolidasi ia lakukan siang dan malam untuk bisa mewujudkan impiannya menjadi wakil rakyat. Setelah berhasil ia tak ingin menyia-nyiakan harapan rakyat. Melalui dewan ia ingin meningkatkan partisipasi dan keterwakilan perempuan di Konawe Kepulauan, dalam setiap proses pengambilan kebijakan publik.

Selain itu, Hatiga yang tergabung dalam Fraksi Kerakyatan, mengupayakan agar seluruh kebijakan, program, dan kegiatan pembangunan mengintegrasikan pengalaman, aspirasi, kebutuhan dan permasalahan perempuan dan laki-laki secara seimbang dan adil.

Kiprahnya di parlemen Konkep cukup panjang. Ia sempat menempati posisi wakil ketua Badan Kehormatan dan anggota Komisi C DPRD Konawe Kepulauan periode 2014-2019. Kemudian pindah ke Komisi A dan juga menjadi anggota Badan Musyawarah dan anggota Bapemperda. Di lingkungan partai, Hatiga juga Bendahara DPC PDIP Kabupaten Konkep.

Wanita kelahiran Munse, 20 Juni 1977 ini, juga tergabung dalam anggota Kaukus Parlemen Perempuan, sehingga ia menjadi paham mengenai isu-isu strategis dalam pembangunan lima tahun kedepan tentang perempuan dan politik, perempuan dan kesehatan, perempuan dan pendidikan, perempuan dan pekerjaan, perempuan dan kekerasan, perempuan dan sumber daya alam, perempuan dan HAM, perempuan dan media massa, perempuan dan legislasi nasional, juga terkait perempuan dan budaya.

Sebagai wakil rakyat, Hatiga ingin mensejahterahkan masyarakat Wawonii, salah satunya saat reses, dengan mendengarkan keinginan masayarakat dan mengusulkan Perda terutama tenaga kerja perempuan yang sama sekali belum menunjukkan sensitif gender.

Sebelum menjadi anggota dewan, dengan tangannya sendiri ia memiliki banyak waktu merawat dan mendidik putra putrinya, menjadi generasi berjiwa tangguh dan berkarakter. Ia bahkan bisa membagi waktu untuk mengurus sejumlah usaha rumah kos yang dirintisnya sejak lama. Ia memiliki rumah kos di Bukit Permai di Langara dan di Kota Kendari yang terletak di Jalan Jati Raya dengan fasilitas puluhan kamar.

Maju pada Pemilu 2014 tidak terlepas dari dukungan dan motivasi keluarga besar Wawonii terutama peran suami tercinta Drs. H. Bansin Suprayogi, beserta kedua buah hatinya, Vivi Fadila Rahmasari dan Nur Amalia Febriani. Hatiga bermukim di Desa Bukit Permai, Kecamatan Wawonii Barat, Kabupaten Konawe Kepulauan, dan di Kabupaten Konawe, Kelurahan Kasupute, Kecamatan Wawotobi.

Hatiga menamatkan pendidikan SDN 1 Munse tahun 1990, SMP 1 Waworete tahun 1993, dan SMA 1 Wawonii tahun 1996. Ibu dua anak ini menyelesaikan kuliah S1 di Universitas Lakidende, setelah lolos menjadi anggota dewan tahun 2014. Ia juga pernah mengikuti kursus bahasa inggris tahun 1999. ***