Haryanto, S.Sos

HARYANTO, S.Sos ( Anggota )
HARYANTO, S.Sos ( Anggota )

Tak Mau Sekadar Umbar Janji

Haryanto, S.Sos

Adalah Haryanto, S.Sos, tak mau hanya sekadar umbar janji menjadi prinsip anggota DPRD Konawe Kepulauan (Konkep) periode 2014-2019 yang satu ini. Ini merupakan periode kedua Haryanto duduk sebagai wakil rakyat. Periode pertamanya pada 2009-2014 ia duduk di DPRD Konawe.

Bagi Haryanto, semua wakil rakyat pasti memiliki visi misi yang sama untuk menyejahterakan masyarakat. Aspirasi yang disampaikan masyarakat saat reses akan dijabarkan dalam bentuk program kerja. Program-program tersebut ada yang tersampaikan dan ada pula yang tidak. Itulah yang membuat politisi Hanura ini tak hanya ingin umbar janji. Apa yang menjadi aspirasi masyarakat, ia akan berusaha mewujudkannya.

“Jangan sampai kita janjikan seperti ini, tapi nyatanya tidak terwujud. Jadi saya tidak mau janji terlalu banyak. Apa yang saya janjikan kepada masyarakat, saya berusaha untuk mewujudkannya. Dan Alhamdulillah sampai saat ini apa yang saya janjikan itu terwujud,” ungkap Haryanto saat ditemui tim penulis di Kendari, Jumat (25/8/2017).

Sejumlah program yang sudah berhasil diwujudkan Haryanto antara lain jalan tani, pengadaan air bersih, pembangunan gedung sekolah, rehabilitasi rumah sakit, dan pembangunan puskesmas pembantu (Pustu). Meski begitu, ia mengaku masih ada program yang belum bisa ia wujudkan, dan akan terus diperjuangkan hingga terealisasi.

Dulu Haryanto menjabat sebagai ketua Komisi II, setelah ada perolingan ia kini berada di Komisi I. Ia juga dipercaya sebagai wakil ketua Baperperda. Di Komisi I yang ingin didorong dalam waktu dekat adalah pemilihan kepala desa serentak yang akan digelar pada Oktober 2017 mendatang, serta pembebasan lahan untuk pembangunan fasilitas pemerintah.

Sebelum terjun ke dunia politik, Haryanto berkiprah di dunia jurnalistik. Ia menjadi wartawan Harian Media Sultra selama lima tahun, dari 2003-2009.

Ia mengaku profesinya sebagai wartawan sangat membantu dirinya ketika menjadi wakil rakyat. Apa yang ia lihat dan ia rasakan saat menjadi wartawan, bisa ia tindaklanjuti dalam bentuk tindakan nyata ketika jadi anggota DPRD.

Saat terjun ke dunia politik pada 2009 silam, banyak partai politik yang menawari anak kedua dari empat bersaudara ini bergabung. Namun pilihannya jatuh pada Hanura. Salah satu alasannya bergabung dengan partai besutan Wiranto ini karena visi Hanura seirama dengan visi pribadinya, baik semasa ia masih mahasiswa maupun setelah menjadi jurnalis.

“Apa yang saya rasakan bisa saya perjuangkan di Hanura. Apa yang dirasakan masyarakat bisa saya rasakan,” ujar Ketua DPC Hanura Konkep ini.

Pada pemilu 2019 mendatang, Haryanto akan kembali maju untuk periode berikutnya. “Jika Allah menghendaki, masih memberi kesehatan, kekuatan serta masyarakat masih menginginkan kita, tentu masih akan maju,” katanya.

Anak pasangan H. Laode Yusuf dan Hj. Nuraini ini menyelesaikan pendidikan formalnya di SDN Lebo, SMPN Munse, SMAN Mandonga sekarang SMAN 4 Kendari dan FISIP UHO.

Semasa kuliah, Haryanto sempat menjabat sebagai ketua HMJ Sosiologi FISIP UHO. Ia juga dipercaya memegang jabatan wakil ketua BPM FISIP UHO, pengurus HMI Komisariat FISIP UHO, dan pengurus PWI Sultra.

Haryanto lahir di Lebo, 09 Mei 1978. Ia menikah dengan Nabiha S.Pd, seorang guru di SMAN Anggaberi Konawe. Pasangan ini dikaruniai tiga orang anak yakni Muh. Jimmy As Siddiq yang saat ini bersekolah di MTsN 1 Unaaha, Fitria Nurul Utami tercatat sebagai siswa SD Islam Unaaha dan Hijriah Tri Utami. Anak dan istrinya tinggal di Unaaha sedangkan ia tinggal di Desa Nanga, Kecamatan Wawonii Timur bersama orangtuanya. ***