Drs. Kaaba

Drs. KAABA
Drs. KAABA (Anggota)

Abdi Sang Kades yang Tiada Akhir

Drs. Kaaba

Drs. Kaaba mengabdikan puluhan tahun hidupnya menjadi kepala desa. Tepatnya di Desa Lawey, Wawonii Selatan, dari tahun 1997 hingga tahun 2014. Ia terjun ke dunia politik karena ingin mengabdikan diri kepada masyarakat dengan lingkup yang lebih luas.

“Sebagai kepala desa tentu hanya mengurus masyarakat dengan lingkup yang kecil saja, dengan menjadi legislatif saya bisa mengabdikan diri untuk masyarakat yang lebih luas,” katanya saat ditemui tim penulis beberapa waktu lalu.

Kaaba kemudian menjatuhkan pilihannya kepada PAN. Ia menganggap PAN memberikan dirinya peluang menjadi wakil rakyat. Pilihannya tidak salah. Ia akhirnya terpilih menjadi anggota DPRD Konkep periode 2014-2019. Kaaba juga didaulat menjadi ketua Fraksi Kerakyatan.

Kaaba duduk di Komisi I yang membidangi pemerintahan. Sebagai mantan kepala desa, salah satu hal yang menjadi perhatiannya adalah mendorong agar dana desa bisa dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya untuk kesejahteraan masyarakat, serta mendorong para kepala desa untuk terbuka mengelola dana desa.

Kaaba lahir di Kendari, 16 Juli 1962. Ia menyelesaikan pendidikan formal di SDN Wawouso, SMPN Lampeapi, SMAN 1 Buton dan Universitas Veteran RI Ujung Pandang.

Ia menikah dengan Sitti Jumatria dan dikaruniai dua orang anak, Riska Dewi Pratiwi dan Riskial Candra Pratama. Kaaba dan keluarga saat ini tinggal di Desa Langara Iwawo, Kecamatan Wawonii Barat. ***