Abdul Rahman, SE, M.AP

ABDUL RAHMAN, SE
ABDUL RAHMAN, SE ( Wakil Ketua DPRD)

Meniti Panggung Politik Demi Masyarakat Konawe Kepulauan

Abdul Rahman, SE, M.AP

Anggota dewan yang satu ini terjun ke dunia politik karena niat yang sangat tulus untuk membantu masyarakat Wawonii, yang saat itu masih menjadi bagian dari Kabupaten Konawe. Ia adalah Abdul Rahman, SE, M.AP, pimpinan DPRD Konawe Kepulauan termuda diantara pimpinan lainnya.

Abdul Rahman memilih Partai Keadilan Sejahtera menjadi perahu politik, guna mewujudkan misinya membantu masyarakat Wawonii di bidang ekomoni kreatif, sehingga dapat berkembang seperti masyarakat di daerah yang sudah modern.

Ia mencalonkan diri sebagai anggota legislatif pada pemilu 2014 lalu, mewakili dapil satu Wawonii dan terpilih dengan perolehan suara 1.502 pemilih. Kader militan PKS ini pun duduk menjadi anggota DPRD Konawe periode 2014-2019 dengan perolehan suara terbanyak.

Usai terpilih, beberapa bulan kemudian Kabupaten Konawe Kepulauan mekar. Ia bersama tiga rekannya yang berasal dari dapil yang sama resmi pindah ke Konawe Kepulauan. Di sana, politisi PKS ini duduk sebagai Wakil Ketua I.

Selama duduk sebagai wakil rakyat, Abdul Rahman banyak mengusulkan berbagai program untuk kesejahteraan masyarakat seperti pertanian, perikanan, infrastruktur jalan dan pendidikan. Abdul Rahman juga mendorong perbaikan seluruh rumah ibadah agar dibuat lebih baik, sehingga masyarakat dapat melaksanakan ibadah dengan nyaman. Hal itu sangat penting agar generasi Konawe Kepulauan kedepan menjadi sosok yang berakhlaq mulia.

Latar belakangnya sebagai pengusaha membuat Abdul Rahman sangat berpengalaman dalam membuat program-program yang bisa menyentuh langsung masyarakat. Sehingga dapat menambah penghasilan per kapita masyarakat lebih tinggi. Salah satu yang tengah dilakukan adalah mendatangkan investor di Konawe Kepulauan.

“Tapi untuk mendatangkan investor kita harus berbenah diri dulu. Kalau kondisi kita seperti ini, investor tidak akan ada yang datang. Salah satunya listrik yang bisa on 24 jam. Listrik sangat penting bagi masyarakat serta investor, khususnya investor perhotelan,” katanya, saat ditemui di ruang kerjanya beberapa waktu lalu.

Agar bisa on 24 jam, langkah solutif ke arah itu sudah dilakukan dengan mendatangkan ahli untuk melihat pembangkit apa yang cocok di Konkep. “Potensi kami di sini adalah mata air atau hidro, PLTA, dan bio mas,” katanya.

Sebelum jadi politisi, Abdul Rahman pernah bekerja di PT Starget Pasific Resources, sebagai Shipping Superintendent selama 6 tahun. Pimpinan Cabang PT Aksar Saputra Line Cabang Konawe Utara,Komisaris PT Jurnia Mutiara, bergerak di jasa bongkar muat di Konut, dan Dirut Newport Utama Marine di Sulawesi Tenggara.

Abdul Rahman pernah mengikuti pelatihan ekspor impor di Jakarta yang diselenggarakan Bea Cukai. Ia juga mengikuti pelatihan perdagangan luar negeri yang diselenggarakan Perindagkop Provinsi Sultra.

Abdul Rahman menyelesaikann pendidikan formalnya di SDN 1 Lampeapi, SMPN 1 Lampeapi, SMAN 1 Lampeapi. Usai menamatkan SMA, ia melanjutkan pendidikan di Universitas Halu Oleo (UHO) Kendari dengan mengambil jurusan keguruan program studi Kimia. Namun ia hanya beberapa semester saja. Ia pindah dan menamatkan S1 ekonomi di STIM Makassar. Ia menyelesaikan S2 ekonomi di UHO.

Sejak SD hingga SMA, Abdul Rahman selalu didapuk jadi ketua OSIS. Semasa kuliah di UHO ia juga pernah menjabat sebagai sekretaris BEM. Saat ini ia juga tercatat sebagai Pimpinan Spartan (Solidaritas Pekerja Tambang Nasional Indonesia) Sultra.

Senator yang lahir di Lampeapi, 12 Juli 1982 ini menikah dengan Evan Sofia A dan dikaruniai tiga orang anak, yaitu Jurnia Rahman, Revan Al Rahman, dan Salsabila Rahman.

Politisi muda ini mempunyai banyak hobi, yakni sepak bola, bola voli, bulu tangkis, pencak silat Perisai Diri, baca buku serta bisnis. Ia beserta keluarga tinggal di Desa Lamongupa, Kecamatan Wawonii Tengah. Ia juga memiliki rumah di Kendari, Makassar, dan Jakarta. ***